KELINCI RABBIT

Bikin Kotak Beranak Kelinci (Nesting Box)

Posted in Uncategorized by kelincirabbit on January 13, 2010

Bikin kotak melahirkan kelinci (Nesting Box).

Kelinci melahirkan di lubang tanah.

Di habitatnya kelinci melahirkan dengan menggali lubang kemudian  induk kelinci mengalasi dengan daun atau rumput kering dan mencopoti bulunya sebagai “selimut”  anaknya  yang berfungsi sebagai  penghangat dan kamuflase.  Sedangkan dipeternakan atau pemelihara kelinci dirumah kotak tempat melahirkan kelinci lubang dalam tanah diganti dengan  membuat kotak melahirkan (nest box)  yang dapat dibuat sendiri secara sederhana.

Bahan yang diperlukan.

Kayu yang diperlukan papan yang cukup keras untuk menghindari kayu dikerat oleh gigi kelinci. Rancangan kotak yang baik paling tidak dapat memenuhi kriteria antara lain : Induk kelinci dapat keluar masuk kotak melahirkan dengan mudah, memiliki sarana sanitasi kotoran dan urine (air kencing) induk kelinci, mencegah anak kelinci yang belum waktunya keluar kotak untuk menghindari predator seperti tikus, kucing, musang, anjing atau ular. Disamping kotak melahirkan kelinci tidak mudah bergeser, tidak terdapat celah untuk menghindari  kaki bayi kelinci terjepit yang dapat menimbulkan cacat permanen.

Ukuran Kotak Melahirkan.

Ukuran kotak melahirkan kelinci juga disesuaikan dengan kategori kelinci. Kategori kelinci kecil (dwarf) dan kelinci sedang Panjang 14” Lebar 9” Tinggi 5”. Kategori kelinci besar (flemish giant, new zealnd white, English Spot, Yamamoto) ukurannya Panjang 20” Lebar 11” Tinggi 7”.

Tips Kotak Melahirkan Kelinci.

Meletakan kotak beranak kelinci kedalam kandang kelinci yang akan melahirkan tiga hari sebelum melahirkan kelinci untuk menghindari induk kelinci mengotori kotak melahirkan dengan urine dan pup.  Sebaiknya, meletakannya jangan terlambat untuk menghindari Induk kelinci tidak mau menyusui di dalam kotak melahirkan. Alas kotak dibuat dari bambu  yang disusun berjajar dengan sedikit celah agar urine induk kelinci dapat mengalir kebawah. Bisa juga alas kotak beranak kelinci dialasi dengan kawat (wire mesh) ukuran 1 cm x 1 cm , kawat yang sudah dilapisi plastik sudah banyak dijual. Dalam keadaan darurat untuk pemelihara kelinci dirumah jika tidak mengetahui kapan Induk kelinci melahirkan atau dalam proses mecabuti bulu atau melahirkan bayi disembarang tempat dan lain lain kasus, untuk sementara bisa menggunakan laci meja belajar atau kontainer bekas buah ukuran kecil. Jangan mengalasi dengan sobekan kain, karena benang benang kain yang terlepas dapat melilit leher bayi kelinci, karena bayi kelinci dapat bergerak menyusup ke celah celah kain. Demikian juga dapat terjadi pada kelinci angora, alas bulunya dapat menjiret leher anak kelinci untuk itu sebagai antisipasinya bulu bulu induk kelinci angora yang  terpisah memanjang dapat dijadikan satu agar menggumpal sehingga aman bagi bayi kelinci.

Perkelincian Blog


About these ads
Tagged with: , ,

Comments Off

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: