Kelinci | Jual Kelinci | Rabbit

Kelinci

Metode Budidaya Kelinci Holland Lop

Pembudidayaan kelinci Holland lop ada beberapa macam pendekatan yang masing-masing pendekatan breeding itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun pada prinsipnya pendekatan apapun yang akan digunakan agar selalu memilih yang memiliki sifat-sifat positip dan juga hendaklah menghindari atas adanya peningkatan sifat-sifat negatip. Adapun ketiga pendekatan dalam breeding (pembudidayaan ) :

 PENDEKATAN OUTCROSSING

Sebagian besar breeder kelinci Holland Lops  mantab dengan mengawinkan kelinci jantan dan betina yang tidak saling memiliki keterkaitan sama sekai dengan harapan akan dapat meningkatkan pada generasi-generasi berikutnya. Jadi dengan cara focus membangun bloodline sendiri didalam rangka untuk meningkatkan sifat (trait) dan kelinci dengan karakter tersendiri  pada keturunan kelincinya. Metode ini harus mengusai betul kelinci-kelinci yang ada dikandangnya untuk memasang-masangkan kelincinya dengan tepat. Maksudnya agar terhindar adanya akumulasi  gen negatip.

PENDEKATAN INBREEDING

Pada pendekatan Inbreeding adalah mengawinkan kelinci yang saling memiliki keterkaitan saudara, yaitu bisa berupa dikawinkan dengan kakak, adik atau induknya. Keuntungan pendekatan ini  adalah kelinci yang dihasilkan bisa benar-benar bagus sekali atau sekalinya dapat yang jelek  maka akan jelek sekali. Hal ini disebabkan adanya gen tersembunyi (resesif).

PENDEKATAN LINEBREEDING

Pendekatan ini adalah dengan cara mengawinkan indukan atau penjantannya yang memiliki silsilah (pedigree) yang  agak jauh tapi saling terkait. Misalnya dengan mengawinkan ke Kakek atu Neneknya  Maksudnya adalah untuk menghindari gen resesif yang tidak diinginkan tapi sekaligus akan memperkuat gen yang bagus akan tersalin.

holland-lop

#RIPONTI RABBIT #JUAL KELINCI #08159985216

Written by kelincirabbit

Februari 8, 2017 pada 2:39 am

%d blogger menyukai ini: